Tips Membersihkan dan Menata Dapur

Tips Membersihkan dan Menata Dapur

Tips membersihkan dan menata dapur – Jangan tunggu sampai noda menumpuk, luangkan waktu 20 menit sehari untuk membersihkan dan menata dapur. Ibarat tubuh, dapur adalah jantungnya rumah. Selain sebagai tempat memasak, dapur juga merupakan tempat yang paling sering didatangi. Bisa dibayangkan jika dapur dalam kondisi berantakan, tentu bukan sebuah pemandangan yang indah, bukan?

Beberapa langkah berikut bisa membantu menciptakan dapur yang sehat. Asal, Anda bisa berkomitmen untuk melakukannya secara berkala.

Tips Membersihkan dan Menata Dapur

Langkah-Langkah Membersihkan dan Menata Dapur

Seleksi Makanan

Segera bersihkan sampah yang ada di lemari makanan terutama makanan yang mudah basi. Kalaupun ada makanan kaleng yang belum dibuka, perhatikan tanggal kadaluwarsanya. Begitu juga dengan keripik atau kerupuk yang sudah terbuka. Saat Anda yakin makanan tersebut sudah tak layak dimakan, berarti harus masuk tong sampah. Sementara makanan yang masih baik, harus dipisahkan dengan makanan yang masih baru.

Pilih Perangkat

Periksa lemari dan laci-laci kitchen set Anda. Jika ada barang yang sudah tak berfungsi, jangan terlalu lama disimpan karena akan menjadi sampah. Misalnya, wadah plastik yang tutupnya hilang. Kalau tak sempat memperbaiki atau memang tak layak dipakai lagi, artinya tak perlu disimpan.

Bersihkan Laci

Ambil ember berisi air sabun atau botol semprot berisi pembersih kotoran. Sapu remah-remah atau gunakan vakum, baru lap kitchen set dan laci-lacinya. Laci merupakan daerah yang selalu lupa dibersihkan karena tempatnya tertutup, bukan? Setelah permukaan bersih, Anda dapat menambahkan alas di laci atau rak untuk melindungi makanan.

Bagi Kelompok

Letakkan makanan dengan tanggal kadaluwarsa yang panjang di bagian dalam. Satukan makanan sejenis, misalnya pasta atau mie. Barang dengan fungsi yang sama sebaiknya disatukan. Ini bertujuan untuk memudahkan Anda memilah barang mana yang dibutuhkan dan tidak perlu. Jika Anda ternyata memiliki 3 pembuka tutup botol, misalnya, maka yang paling usang bisa langsung disingkirkan.

Beri Tanda

Pasang label di depan lemari atau rak. Pengaturan ini selain memudahkan mencari barang, Anda tak perlu bolak-balik membuka tutup lemari untuk mencari barang yang dimaksud. Anda juga bisa mengatur berapa besar ruangan dapur disesuaikan dengan barang yang ada.

Sistem Prioritas

Prioritaskan barang yang sering dipakai untuk disimpan di bagian luar agar mudah dijangkau dan tertangkap mata saat dibutuhkan. Begitu juga makanan yang sering digunakan sebaiknya diletakkan di depan mata agar mudah terlihat. Simpan di wadah penyimpanan agar terlihat rapi dan mudah diambil. Keranjang bisa berfungsi untuk menyimpan keripik, permen, atau kacang. Lemari berputar untuk menyimpan botol, minyak goreng, cuka, dan saus.

Metode Tepat

Kompor

Kompor gas dapat dibersihkan dengan air hangat dan sabun. Sedangkan untuk kompor listrik, gunakan spons basah saat menyeka kotoran. Gunanya untuk menghilangkan noda-noda bekas minyak, percikan masakan, serta lemak. Kotoran tersebut harus segera dibersihkan karena kalau kelamaan kotoran akan mengeras dan susah dibersihkan.

Copot perapian yang ada di kompor dan cuci di wastafel menggunakan air hangat dan sabun cuci piring. Hindari menggunakan sabun yang mengandung amonia karena akan menghilangkan tanda-tanda yang ada di tombol-tombol.

Bersihkan juga ventilasi penghisap masakan dengan kain basah, dilanjutkan dengan lap kering. Sebulan sekali, bersihkan filter udara, rendam dalam air sabun hangat. Pelan-pelan gosok dan biarkan benar-benar kering sebelum kembali dipasang.

Oven

Lepaskan tatakan di oven. Isi bak atau ember dengan air hangat dan sabun, kemudian biarkan direndam selama beberapa jam. Cara seperti ini akan memudahkan menggosok semua kotoran yang menempel.

Setiap beberapa bulan Anda harus membersihkan oven, namun lebih baik jika dilakukan segera setelah Anda selesai menggunakannya.

Sediakan ¼ cangkir garam, ¾ cangkir baking soda, dan ¼ cangkir air. Oleskan campuran tersebut keseluruh bagian dalam oven dan biarkan semalaman. Bersihkan dengan spatula plastik, lalu dilap, dan keringkan.

Lemari Es

Buat campuran dua sendok makan baking soda dan satu liter air. Gunakan spons untuk membersihkan permukaan lemari es dengan cara menggosoknya. Keluarkan laci dan rak dan dibersihkan jangan hanya bagian utama dari lemari es saja. Celupkan kain bersih ke dalam air dan gunakan untuk membasuh residu yang ditinggalkan larutan soda kue. Gunakan handuk bersih untuk mengeringkan setiap permukaan.

Tinggalkan sekotak baking soda di lemari es untuk menghilangkan bau yang ada di kulkas. Pasalnya, baking soda bisa menyerap bau dan membuat kulkas Anda bersih dan segar.

Freezer

Campurkan satu cangkir air, satu sendok teh sabun cuci piring, dan satu sendok teh cuka putih. Kocok agar semua bahan tercampur atau taruh botol semprot sehingga Anda tinggal menyemprotkannya ke freezer.

Jika Anda tidak memiliki botol semprot, pakailah kain bersih atau spons untuk mengelap freezer. Bersihkan dengan handuk kering dan simpan kembali barang-barang beku ke tempat semula.

Lemari Makanan

Pintu lemari pada kitchen cabinet adalah tempat berlabuhnya kotoran dan lemak karena posisinya rata-rata berada di atas kompor. Lap dengan kain basah dan keringkan seluruhnya. Jika Anda memiliki lemari kayu, gunakan pembersih khusus yang banyak dijual di toko.

Sink

Anda harus membersihkan setiap malam setelah Anda selesai memasak atau mencuci. Gunakan spons dan air sabun, lalu keringkan dengan kain atau handuk.

Bilas piring kotor dan letakkan di mesin cuci piring atau rak piring. Jangan terlalu lama menyimpan di sink alias wastafel cuci karena akan membuat sink terkena air.

Untuk menghindari pertumbuhan jamur atau noda, cuci sink dengan air hangat dan sabun cuci piring menggunakan spons, lalu bilas dengan air. Keran air pun penting dibersihkan karena kuman banyak hinggap di sini. Gunakan sikat gigi yang dicelupkan ke dalam campuran air hangat dan sabun cuci piring.

Jika air di rumah Anda mengandung karat yang tinggi, aduk air dengan cuka putih. Gosok ke bagian karat tersebut dan biarkan mengering. Jangan biarkan sink tersumbat makanan agar terbebas dari bakteri dan kuman.

Microwave

Gunakan air hangat, sabun cuci, dan spons untuk membersihkan setiap kotoran di microwave. Untuk noda yang sulit dibersihkan, gunakan campuran dua sendok makan baking soda dan satu liter air. Bilas dengan air bersih, lalu lap hingga kering dengan kain bersih.

Menyapu Lantai

Sebelum membersihkan lantai, kumpulkan dulu setiap debu, remah-remah, dan sampah yang ada di lantai. Lalu, pel lantai dapur dengan air sabun agar tumpahan yang di lantai pun hilang.

Terakhir, buang sampah dan bersihkan tempat sampah. Cuci tempat sampah dengan sabun dan air, lalu ganti kantong sampah dengan yang baru.

Itulah beberapa tips membersihkan dan menata dapur dari kami sebagai jasa pembuatan kitchen set murah dan profesional. Semoga tips kami bermanfaat untuk Anda!.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *